09 Desember 2017

Lockheed Martin Dukung Indonesia Dalam Pengembangan Pesawat Tempur KFX/IFX

09 Desember 2017


Model pesawat tempur KFX/IFX (photos : Chosun)

Jakarta –Proyek kerja sama pengembangan pesawat tempur generasi 4,5 KFX/IFX antara Indonesia dan Korea Selatan mendapat dukungan dari pihak Lockhhed Martin, salah satu perusahaan besar di bidang pertahanan dan kedirgantaraan asal Amerika Serikat.

Dukungan tersebut disampaikan pihak Delegasi Lockheed Martin yang dipimpin oleh Regional Director, Southeast Asia Lockheed Martin David Jensen, Kamis (8/12) saat diterima Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu di kantor Kemhan, Jakarta.

Lockheed Martin adalah salah satu perusahaan pertahanan di dunia yang mengembangkan dan memproduksi berbagai pesawat, kendaraan darat, kendaran tak berawak, rudal dan senjata pandu, sistem pertahanan rudal, sensor dan radar, sistem maritim, satelit dan peluncur satelit, sistem dan teknologi IT.



“Lockheed Martin mendukung penuh kerja sama pembuatan KFX / IFX. Lockhhed Martin memiliki hubungan kerja sama yang sangat dekat dengan perusahaan dirgantara asal Korea Selatan, KAI. Atas nama Indonesia, kita juga akan memberikan masukan kepada Pemerintah Amerika Serikat”, ungkap Direktur Regional Director, Southeast Asia Lockheed Martin.


Dalam kesempatan ini, pihak Lockheed Martin juga menyampaikan terkait dengan pengadaan hibah 24 pesawat tempur F16 hibah dari Amerika Serikat yang telah ditingkatkan kemampuannya. 

Sebanyak 16 pesawat sudah diserahkan kepada TNI AU. Sedangkan sisanya sebanyak enam pesawat terakhir saat ini sudah memasuki tahap akhir dan akan diserahkan pada bulan ini.



Sementara itu, Menhan menyampaikan terima kasih kepada pihak Lockheed Martin atas dukungan yang disampaikan kepada Indonesia. Dengan komunikasi secara langsung antara Kemhan RI dengan Lockheed Martin ini maka tentunya proyek pengembangan pesawat tempur KFX/IFX akan berjalan dengan baik.

Indonesia sangat membutuhkan dukungan dari Lockheed Martin untuk dapat memberikan transfer of teknologi, sehingga para insinyur-insinyur Indonesia dapat sejajar dengan para insinyur dari Korea Selatan dalam proyek pembuatan pesawat Tempur KFX/IFX.

71 komentar:

  1. Viper is coming..viper is comung..viper nekikung Su-35 di pengkolan akhir..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngaco ente 2-2y juga di beli Bro, su 35 itu di butuhkan tni au karena kemampuan y di atas 4++ dengan avionik generasi 5 , si viper di butuhkan menutup kekosongan skuadron bagian indonesia timur 3-4 skuadron, 1 skuadron mungkin fa50, nanti di 2020 baru bomber pilihan y ada 2 su 34 / f15, tapi kemungkinan su 34 pesaing terkuat karena bukti di suriah pesawaty bandel

      Hapus
    2. SU35 stick on plan bro.

      Ini kayaknya buat nambah2 dikit armada F16 yg masih kurang banyak.. (baru 32 atau 48 F16 kita punya ?) Sekaligus ngelancarin KFX IFX.

      Bagi bagi tugas sbg syarat teknologi intinya dibolehin dipasang, Korea dapet tugas beli F35 karena duitnya banyak, Indonesia yang duitnya sedikit kena jatah beli Viper.. hehehe

      Hapus
    3. Batal enggaknya beli su-35, ukurannya...sanggup enggak kasi TOT&tanpa melibatkan pihak ketiga?

      Tapi ada satu lagi (faktor x)...aksi boikot minyak sawit oleh UE

      Hapus
    4. Betul.. Indonesia bersama Malaysia yg kena imbas kasus banned penjualan sawit oleh negara eropa. Makanya kalau memang sampai deal RI bisa jual sawit ke Rusia merupakan prestasi yg bagus karena saat ini kelapa sawit Indonesia gak bisa masuk pasar eropa.

      Keuntungannya.. petani sawit tetep bisa nyari rejeki hasil kebun sawitnya. Malaysia bisa mencontek teknik Indonesia (jika sukses urusan jualan sawit ini) utk beli barang2 Rusia spt sparepart sukhoi dll meskin sebetulnya agak sulit semenjak case penembakan pesawat komersial Malaysia oleh rudal rusia di ukraina dulu.

      Hapus
    5. Ternyata engga smua negara eropa begitu om superstar...

      Jerman, meskipun ikut aksi boikot, tapi negara2 federalnya bebas ambil sikap sendiri...dan sampe. skr ekspor minyak sawit RI ke jerman makin meningkat tiap tahunnya

      Hapus
    6. Sip thanks infonya mas.

      German memang baik sama kita hehehe
      Sisa Marder yg masih banyak di garasi mereka jadi dibayarin sekalian gak mas ? Katanya mereka 2020 mau pake Puma aja.

      Hapus
    7. Udah cukuplah om...mendingan lanjut ke pandur aja, yang lebih luwes dlm penggelarannya...gak manja spt ranpur beroda rantai yang kemana2 minta gendong

      Hapus
    8. Kalo yang roda rantai gitu, ane ngidam sama warthog dan wiesel...cocok buat platform mortir 81/120mm, plfm radar mungil semacam giraffe 1x/arthur...lincah, bisa nyelip kemana-mana

      Hapus
    9. Mortir bukannya sempet ada varian Anoa mas ?

      Hapus
    10. Iya...tapi kalo pake warthog kan lebih gesit, nyempil dilokasi sulit yang tak terakses oleh anoa

      Hapus
    11. Lepas euro sekat kelapa sawit malaysia ,malaysia telah masuk menjual kelapa sawit ke china dan india ia merupakan pasaran terbesar selepas euro. .
      Rusia juga terkena sekatan ekonomi dari euro dan amerika tapi rusia bijak menyekat produk makanan euro memasuki rusia, untuk kamu bijak supaya pasaran kelapa sawit kamu tak terjejas, indonesia kena perbagaikan pasaran, cari perbagai sumber makanan dan tingkat perbagai sumbar makanan dalam negeri itu taktik kami lakukan untuk hadapi sekatan ekonomi jika amerika dan Euro cuba lakukan sekatan ekonomi

      Hapus
  2. Oom @PS sisa F16 jadul 10 unit block 15 infonya mau diupgrade sekalian ke block 25 atau 32 atau langsung 52 ? Saya kurang update kalau urusan info beginian..

    http://militermeter.com/pesawat-f-16-ab-tni-au-akan-diupgrade-dengan-biaya-50juta-dollar/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul yg dibilang bro disini. Untuk saat skrg ini cuma F16 sebagai pespur harga termurah yang bisa membawa AAMRAM.

      Indonesia beli paket "hemat" nya tapi tetap mematikan :-)

      https://en.m.wikipedia.org/wiki/AIM-120_AMRAAM

      Hapus
    2. Falcon OCU 10 ekor itu di MLU aja.
      Dari anggaran yg dirilis buat tuh OCU dah bisa diperkirakan kok.
      Jangan berharap dijadiin kayak 52id dulu deh mas...hwihihi..

      Mending ngarepin Viper dari pada upgrade signifikan di OCU.

      Timbangane gelo terwelo-welo...

      :D

      Hapus
    3. Mas PS, dicariin sama pedang perak tuh...mo diajak ke tukang. gerinda pedang

      Hapus
    4. Sebenernya pembelian f16 yg disebut sebagai "bima sena II"
      semuanya berjumlah 30 unit..24unit f16c/dblok52 sasis blok 25, 4 blok25 dgn posisi terurai sebagai suku cadang, 2 lgi blok15 untuk melengkapi skoadrod yg ada karna 2 total lost.

      Hapus
    5. Mas Smili mili..

      Ente tau Pedang Setan & Pedang Perak, berarti tau Ajian Serat Jiwa....

      Berarti ente sudah tuwa..

      Hwikikikikik..hhmmm... :D

      Hapus
    6. Ini kayaknya bacaan mas PS dan mas Hari angkatan Koo Ping Hoo dan Ganesh TH.... hahahaha

      Saya bacaannya angkatan Tony Wong dan Enierow

      Hapus
    7. DI PEMBELIAN F16
      Peace bima sena II DI JELASKAN
      .

      In the summer of 2011 information became a little more clear that this order would compromise up to 24 ex-USAF F-16C/D's of the block 25 version. These would be upgraded to block 32 status. Six more airframes (4 block 25 and 2 block 15) would also be included as spare part resource.The total investment would be around $600 million

      24 upgred 6 terpisah(4suku cadang,2pelengkap blok15 ocu)
      Dengan kontrak senilai $600juta..
      Loh kenapa 600 juta bukan 750..?

      Masih ada !!
      $750 million. The order also includes a number of SNIPER or LITENING pods.

      Pembelian sniper pod atau litening sebagai tambahan..
      Gak cukup sampai disini

      Finally it became clear that these F-16s were upgraded with a toned-down version of the CCIP upgrade package including the latest MMC-7000 mission computer and M5 software package which makes these airframes more or less block 50/52 equal. The aircraft are supposed to equip Skadron Udara 16 in the course of 2015.

      Akhirnya menjadi jelas bahwa F-16 ini ditingkatkan dengan paket upgrade CCIP versi kencang termasuk paket komputer misi MMC -7000 terbaru dan paket perangkat lunak M5 yang membuat kerangka pesawat ini kurang lebih blok 50/52 sama. Pesawat tersebut seharusnya bisa melengkapi Skadron Udara 16 pada tahun 2015.

      JADI BAGI YG MASIH KURANG PAHAM SOAL SEBUTAN F16 C/D52ID
      MUNGKIN DPAT PENCERAHAN..

      Jadi sudah jelas pembelian 30 unit f16 bukan 24unit..
      Jadi yg d publikasikan media masih ter tutup2i soal jumlah unit ,BISA JADI UNTUK SUKHOI SU35 YANG JUMLAH SEBENARNYA JGA GA DI PUBLISH

      http://www.f-16.net/f-16_users_article6.html

      Hapus
    8. Xixixi...dulu tetanggaku kalo muter drama radio "brama kumbara" nyetelnya kenceng2 biar kami2 yang lagi maen dikebon bisa ikut dengerin.

      #lha wong jaman kecil dulu, kalo dipasar jodhog (2 kilo dr rumah) lg hari pasaran, keriuhannya kedengaran dr rumah

      Hapus
    9. Nah ini baru jelas mas. Thanks.
      Jadi 30 unit ya ? Sukhoi 35 infonya kalo AKAN jadi beli 11 unit.. saya kok gak yakin jumlahnya ganjil gitu perkiraan saya sama kayak case F16, belinya 14 atau 16 biji yg didisclosure 11 unit aja.. hehehehe

      Hapus
    10. Confirmed => sepuh.

      Sehat-sehat selalu ya mbah..aamiin. :)

      Hwikikikik...

      Hapus
    11. Tentang jumlah, siapapun boleh dengan pendapatnya masing-masing kok.

      Semakin beragam, semakin baik, asalkan akur selalu yaa.. :)

      Hweihihihi...

      Hapus
    12. Bisa jadi broo karna Ri rusia tlah menanda tangani kerjasama yg bersifat rahasia..berupa intelejen dan lain2
      https://id.rbth.com/politics/2016/05/31/top-secret-apa-yang-hendak-moskow-dan-jakarta-sembunyikan-dari-cia_598757

      Tdak semua alut tni terpublikasi secara sempurna..

      Hapus
    13. Tentu om ps
      Perbedaan lah yg membuat negara kita kuat.
      Perbedaan lah yg membua aneka rasa2 sperti kopi vietnam neng jesika

      Hapus
  3. ngarang kabeh... tuku ra tuku Yo tergantung TNI, KEMENHAM, PRESIDEN,

    tuku SU-35 wae nganti saiki yo ora jelas tur kesuwen, wani tuku po ora????
    😜😜😜😜

    BalasHapus
  4. Yakin sama Su-35..lah tt kontrak aja sampe skrg ngk jelas kapan..mundur terus..ini Viper nanti kaya' F-16 blk 25 upgraded itu..sama MLU Blok 15 OCU..

    Ngomongnya ngk bertele-tele..tawaran masuk..siapin budget..jalan..
    Ngk kaya' drama Sukhoi..ngitil-ngitil lelet milu..he,he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaha itu beda era dulu dan skrg kali mas ? Era dulu gak pake tatetot langsung hajar beli makanya banyak yg dibeli tapi yg kebagian mbayarnya era yg mimpin sekarang wakakaka

      Jaman skrg kalo deal kudu wajib tatetot biar gak kena urusan pengadilan melanggar undang2. Kalau era yg skrg ngadain pembelian sukhoi yg kebagian mbayar era setelah sekarang.

      Makanya saya gak terlalu care dengan istilah barang ini dibeli era presiden A era presiden B. Justru dibeli era pres A yg kena sial mbayar era pres setelahnya. Hihihihi

      Hapus
    2. Jadi teringat gaya pejabat yg lama..waktu promosi su-35, bilangnya f-16 tu ndrawasi, pilot mesti hati2 bermanuver krn takut stall...ya elah, bliau ini dulu jd instruktur, sekolahnya jg di amrik sono...(blum ngrasain jd pilot sukhoi aja, mujinya setinggi langit).

      Sama aja waktu promosi awewe&spartan...katanya pt.di leletlah, ga sanggup kasi dukungan maintenen, bla-bla-bla, sampe akhirnya armada nc-212 divonis mati dg tuduhan sparepartnya diskontinyu krn sdh tidak diproduksi.

      Dan ketika Pak Hadi menjabat sbg kasau, bliau menjawabnya dg halus...armada nc-212 direvitalisasi scr bertahap sampe bisa terbang lagi...ketahuan ada yang lg bohong, wkwkwk

      Kurang canggih gayanya calon menhan bumi datar...

      Hapus
    3. Era skrg banyak kepentingan yg ikut campur..mbulet bikin susah sendiri..belum lagi menhannya ngk bener ngatur budget..bikin susah menkeunya..bilang A, lah diajuin budget B..terus enteng bilang ada kesalahan administrasi..

      Tapi liat aja..ini untuk Viper..ngatur budgetnya beda..lah kalo ngomong pelan2 sama pilot AU..semuanya lebih milih F16 daripada Sukhoi..operasional readinessnya lebih kepegang..

      Hapus
    4. Mungkin ada beda persepsi makna kata "readiness"....entah pesawatnya, entah cuannya yang selalu siap

      Hapus
    5. F16 tuh kayak bawa inopah mas.. enak empuk dan gak boros2 amat apalagi T50 wah kayak bawa apansah.. nah kalau Sukhoi kayak bawa mobil eropa, high cost. Makanya pilot2 kita seneng bawa F16 soale kalo bawa Sukhoi gak sefamiliar bawa F16 T50 yg dipake harian saking jarangnya dikeluarin garasi...wakakakaka

      Hapus
    6. Di kompas...mantan sales awewek, mengingatkan panglima yg baru untuk mengantisipasi andainya amrik mengembargo kita, bari lirik-lirik replika sukhoi-35

      # sales kok lenjeh temen....

      Hapus
    7. Diperjalanan hidup bangsa Indonesia sudah 3 negara yg mengembargo kita, Amerika, Inggris dan Rusia.

      Makanya kalau ada yg bully kenapa TNI susah memberantas OPM bisa dilihat keterbatasan TNI yg dilarang menggunakan pespur F16 dan Hawk untuk meredam pemberontakan, kemudian bandingkan dengan pemberontakan di negeri sebelah yg dengan mudahnya mendeployed pespur F18, Sukhoi dan Hawk sekaligus tanpa ada embargo ?

      Kembali lagi ini masalah kepentingan... resiko punya alutsista gado gado dari beberapa negara adalah option yg diambil karena kemauan kita yg tetap jadi negara non block.

      Ada yg bully TNI belinya dikit2.. lha memang benar.. dikit2 tapi semua merk ada dan kalau ditotal tetep jadi banyak.. coba andai misalkan kita pro barat pasti sekali beli tank atau panser 300 unit sekaligus sambil melupakan merk bikinan eropa dan rusia spt singapura.. kalau kondisi sekarang dari total 300 tadi terpaksa dibagi2 berbagai merk.. bikinan amerika 70 unit, eropa 70 unit, rusia 70 unit, pindad 70 unit sisanya 20 unit made in korea dan china :-)

      Hapus
    8. Aiseyyyy om superstar...pemberontakan mana yg dilawan pake f18,sukhoi,hawk?? Share om..saya mau tau juga...

      Kfx gak lama lagi siap om...stelah itu,anda bisa klu mau bombardir saudara2 lu sendiri pake kfx..gak takut embargo lagi kerna sudah self sufficient...

      Hapus
    9. https://malaysiamilitarypower.blogspot.co.id/2013/04/ops-daulat-tudm-hawk-kill-marking-croco.html?m=1

      Hapus
    10. Rusia pernah mengembargo indonesia..?,
      Mungkin mintk pencerahannya mas, embargo dalam sekyor apa ya.?

      Bru tau saya.

      Hapus
    11. Baca di Rbth mas.. ada disitu.

      Kalau gak salah waktu CIA dapet salinan bocoran senjata Rusia sejak sukarno dijatuhkan orba.

      Hapus
    12. Lupa yg rbth dimana beritanya. Maaf hehehehe

      https://www.merdeka.com/peristiwa/saat-inggris-rusia-dan-as-musuhi-tni.html

      Hapus
    13. Habis trikora itu tepatnya karena politis, bepaling dari Soviet & beralih ke Barat.

      Konsekuensi beralih ke Barat, ya harus stop beli dari Soviet (saat itu).

      Wong Mig-21 AURI aja diminta setor ke US buat dicari kelemahannya, ya si pembuat bak kebakaran jenggot laah...

      hweekekekek...

      Hapus
    14. @om PS

      Setidaknya ada 2 buku dr internal Auri (Pak Suryadi/kasau 1 & Pak Raman/Kadiskesau) yang menjelaskan perihal embargo sovyet...

      Sovyet mulai mengembargo RI, tak lama setelah AD membubarkan pki, memburu, mengesekusi&menapolkan pengikutnya (masih dalam pemerintahan Sukarno yang mulai dipreteli kekuasaannya).

      Sovyet mengawalinya dg "menggetok" RI spy menutup dulu seluruh pembayaran kreditnya sekaligus sbg syarat pengajuan pembelian sparepart sovyet yang terkenal berumur pendek.

      Setelah nego sana-sini, akhirnya sovyet mau melepas sebagian kecil sparepart dg harga bayar dimuka, shg akibatnya hanya sebagian kecil alutsista yang bisa dioperasikan.

      Alih-alih mencoba aksi kanibal, ternyata sparepart sovyet tdk selalu pas digunakan pd alutsista sejenis...mungkin tingkat presisi sparepart sovyet masih rendah.

      Kondisi ini scr masif melumpuhkan alutsista eks sovyet, terutama alutsista yang memiliki kerumitan teknologi yang tinggi&strategis utk saat itu (KRI.Irian, tu-16, mig-21, heli mi-6 dan whiskey)atau alutsista yang tingkat utilitasnya sgt tinggi (heli Mi-4)...dan menyisakan alutsista berteknologi sederhana namun mudah perawatan spt mig-17 atau alutsista buatan blok warsawa yang bagus perfomanya (pesawat tempur latih dolfin). Shg sekitar 1970 alutsista buatan sovyet sdh lumpuh.

      Jadi aksi penjualan/barter alutsista sovyet tjd krn tekanan sovyet sendiri dan merupakan prasyarat amerika utk mendapatkan pengganti alutsista buatan mereka.

      Hapus
    15. Waahh terima kasih pencerahannya om..

      Hapus
    16. Oii om superstar..lahad datu itu bukan pemberontakan om...itu pencerobohan kedaulatan..dilakukan oleh militan asing asal filipine...masak jadi pencerobohan...om superstar baru kluar gua ya?

      Hapus
    17. Baca lagi bro komen anak buah ente yg mbandingin kehebatan tentara malaysia yg dibilang sukses mengatasi pemberontakan dibanding TNI. Justru saat itu sy yg komen tolong bedakan perang dgn orang asing dgn warga sendiri. Tapi anak2 buah sampiyan masih bersikeras tentara mereka bisa mengatasi case ini dengan cepat dibandingkan TNI memberantas OPM.

      Hapus
    18. Om superstar..bukankah anak buah ente pnh mnyebut pespur tudm cuma menghanguskan pohon sawit di lahad datu..jadi yg mredam militan sulu pasti lah kekuatan infantri..sebetulnya tiger platon dan PGK dari polisi..jadi wajar kan klu dibandingkan dgn OPM??

      Lagian.. knapa saya saja harus melihat ulang komentar2 dari malaysia..knapa tidak bro superstar sama2 mlihat komentar dari indonesia..

      Komentar dari mana yg berbunyi

      "cukup hantar 5 komando,singapore hancur"

      "komando malaysia sama level satpam"

      "30 komando filipine tewas di ambush..komando filipine ayam sayur"

      cari bro dari mana komentar itu datang...jgn marah la kalau orang luar punya high expectation terhadap kekuatan militer negara anda..om ps jgn marah dulu..sy tak punya niat mhina negara anda...

      Hapus
    19. Ane tak marah lah mas..
      Tenang sahaja, silahkan.. :)

      Hapus
    20. Beruk malon kepanasan trus turun dr pohon sawit

      Hapus
    21. Ap@ Mungkin itu pendapat anda pribadi..

      Hapus
    22. Oke bro @AP biar diskusinya tuntas dan anda berikut teman2 satu genk anda puas saya coba summary kan :

      - Tentara Malaysia tidak pernah menggunakan Pesawat tempur untuk mengatasi pemberontakan
      - Tentara Malaysia terkuat se asean
      - Tanpa bantuan tempur udara tentara Malaysia sukses menumpas pencerobohan

      Congrats bro.. Your The Man..Hail

      Hapus
    23. Itukan kesimpulan pribadi anda sdiri bro..mgapa congrats ke saya?? Congrats ke diri anda sdiri lah bro..youre the man.. Emang malaysia desperate mau tlihat punya militer tkuat asean?? Emang malaysia punya agenda nasional mau jadi negara milter tkuat asean? Yg sbenarnya mau tlihat punya militer tkuat di asean itu siapa??

      Hapus
    24. Ya, 'mau terlihat' memang ada yg seperti itu.

      Ingat definisi MEF ya, disitu ada kata 'Minimum', jadi jelas arahnya bukan ofensif/ keluar.

      Hapus
    25. Ya kami ga bisa munafik.. Militer kami memang tdak terkuat nomer 1 tpi kami bangga mempunyai tni yg kami anggap saudara, membantu rakyat d bercocok tanam, menjadi guru sekolah d perbatasan..

      Kata kuat sangatlah luas, klo berbicara alutsista kekuatan kmi memang tdak sekuat ngara adidaya..fisik kami juga tdak sekuat besi, kami lemah..
      Maka dari itu tni terus belajar dan berlatih bukan untuk terlihat kuat,..

      Hapus
    26. Sabar dulu om pedang..masih ada hal yg harus om superstar ini faham..pcuma dia tinggal di indonesia tapi gak faham view nya masyarakat malaysia soal Militer..om superstar..di malaysia isu militer priotitasnya entah jatuh nomor brapa..gak tau saya..semua tgantung pemerintah..anda harus tau,malaysia gak pnh diperintah oleh pemimpin yg punya background militer..jadi mikiter itu gak punya pengaruh besar dlm masyarakat..memang kami utamakan keselamatan & kedaulatan..tapi klu anda fikir kami mau begitu desperate mau mlihat militer kami tkuat se asian itu berarti anda salah besar...






      Hapus
    27. Om arizal..anda salah fhm..sy gak pnh bilang TNI lemah..dan saya tau segala apa yg anda sebutkan soal sumbangan TNI utk masyarakat perbatasan indonesia..di youtube byk sekali video2 nya...

      Dari situ boleh dilihat signifikan nya pengaruh militer dlm masyarakat indonesia scara majoritinya.. Dan video2 soal TNI yg diupload di youtube..yg entah ratusan apa ribuan itu bukti betapa besarnya minat utk tahu soal militer di indonesia...sy gak bmaksud ini budaya yg buruk,tapi inilah yg bedakan indonesia malaysia..kami di malaysia gak memprioritaskan soal militer sperti itu..cukup asal dpt menjamin keselamatan negara..

      Hapus
    28. Tiap negara punya prioritasnya sendiri.

      Setelah Trikora, postur militer RI tidak sebanding dengan luas wilayah yg harus dijaga.

      Dengan MEF, postur ideal yg seharusnya jadi tergambarkan.

      Gambaran itu terlihat dari rencana pengadaan, yg bagi sebagian orang sangat 'WOW'.

      Efek dari 'WOW' itu kadang jadi muncul komen yang lucu-lucu. Ya gak papa juga sih, namanya juga proses...

      Hweihihihi... :D

      Hapus
    29. Sy gak tau soal gambaran "sebahagian org" itu bro pedang..tapi bagi sy MEF itu bhkan masalahnya..jujur sy gak pnh ambil tau MEF itu detailnya spt apa..jadi sy bingung mgapa bro pedang bawa MEF segala....

      Yg saya coba bangkit kan disini itu bukan MEF,bukan TNI bro..tapi cara pikir masyarakat anda thadap isu militer..kami di malaysia gak punya pandangan sperti itu..forum militer kami sepi peminat,kami juga gak membanding2 kekuatan militer di youtube..cuma suara2 negatif segolongan kecil,masa militer kami dianggap spt desperate puji pujian...

      Hapus
    30. Ralat bro...MEF itu bukan masalahnya...

      Hapus
    31. Oh, tak terkait MEF ya?
      Saya salah paham berarti..:)

      Maap.

      Hapus
  5. Makanya ngk beres2 urusan..yg ngadu kepentingan macam2..tiap anggota komisinya jadi sales yg beda2..

    Liat aja tuh yg mau dibarter untuk Sukhoi..daftarnya berubah ubah..sampe Rusianya aja bingung..
    Daftar yg masuk kemarin..besok bisa dikeluarin..

    BalasHapus
  6. Tambah lagi Su 35 paling tidak 3 skuadron, adakan juga mig 35 paling tidak 6 Skuadron, tempatkan di Papua Su 35 1 skuadron dan 1 Skuadron Mig 35, dan tempatkan di NTT 1 skuadron 35 dan 1 Skadron mig 35, tempatkan di kepulauan natuna 1 skuadron su 35 dan 1 Skadron mig 35, di pontianak dan tarakan ditempatkan masing2 1 skuadron mig 35, di palangkaraya juga di lampung dimadiun ditempatkan 1 skuadron mig 35

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuenek dayoh kok malah kon mulih...ck, ck, ck

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Ada duit kaga????? Mending beli gripen 3 skuadron.

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. wahh obatnya uda ilang, menjelma kembali si om gipeng haha!

      yaudah hibah jas gipengdor dulu donk baru dibayar, biaya apgrednyeee haha!😚😚😚

      negaranya paman jambul aja brani kasi pesawat batel pulpen gretong.
      tp kudu bayar apgrednya 30juta, kita brani loh haha!πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€ total $750jt.

      padahal myanmar beli 20 mig 29 dari rusia seharga $570jt = $28jt
      https://sputniknews.com/business/20091223157331457/

      trus ejib beli mig 35 sekitar 40an, bisa dapet 18bijik baru.

      kalo kita nambah su30mk2, bisa dpt 1 ska(12) baru.

      itu blom buat pengadaan t50 $400 juta.
      kalo di itung 750+400= $1,150 milyar.

      artinya, duit itu ada selama "sabar & tabah ampe akhir"haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
  7. Test launch rx450/1220 lapan terbaru

    https://youtu.be/KL04zriZVJQ

    BalasHapus
  8. SELAMAT DATANG DI WWW.WSD4D.COM
    Togel Online | Togel SGP | Togel HKG | Judi Online | Judi Bola
    1 USER ID UNTUK SEMUA GAME
    - SPORTSBOOK
    - TOGEL
    - 6 GAME POKER
    - Casino
    - Sabung ayam
    - Tangkas
    - Slotgame
    - Habanero
    - Tembak ikan
    - Batu goncang
    - dan game lainnya

    BONUS YANG MENARIK DARI WSD4D(.)COM
    - BONUS NEW MEMBER 100% SPORTSBOOK
    - BONUS NEXT DEPOSIT 10%
    - BONUS DEPOSIT 30% SPORTBOOK
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI UP TO 20,000
    - DISKON TOGEL 2D : 29% | 3D : 59% | 4D : 65%
    - BONUS CASHBACK UP TO 15% SPORTSBOOK
    - BONUS CASHBACK SABUNG AYAM 5% UP TO 10%
    - BONUS CASHBACK GAMES & TANGKAS 20%
    - LIVE CASINO ROLLINGAN 0,8% (NO LIMIT)
    - BONUS ROLLINGAN POKER & DOMINO 0,3%
    - BONUS REFFERAL 2%

    MIN DEPO & WD CUMA Rp.50.000,-
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON
    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    LIVECHAT WSD4D(.)COM YANG ONLINE 24 JAM
    Pin BBM : D887ECDB
    LINE : wsd_4d
    WECHAT : wsd_4d
    SKYPE : VINA WSD
    WA : +855964903955


    Togel Online
    Slot Games
    Live Casino
    Sportsbook
    Sabung Ayam
    Poker & Domino

    BalasHapus
  9. Kesian malaysia tak de project bina jet pejuang

    BalasHapus