31 Juli 2017

Sertifikasi KFX/IFX Diharapkan Tuntas di Tahun 2025/2026

29 Juli  2017


Komparasi KFX/IFX terhadap pesawat tempur generasi 5.0 yaitu F-35C Lightning II dan F-22A Raptor (image : sediaberkorbanplus)

Kemhan Pastikan Proyek Swadaya Pesawat Tempur Jalan Terus

Jakarta - Pemerintah melanjutkan proyek pesawat tempur rakitan sendiri yang disebut KFX/IFX, dan bahkan diklaim progress proyek ini sudah mencapai 14 persen.

"Pelaksanaan program engineering manufacture development (EMD) sudah mencapai 14 persen dari keseluruhan perencanaan program sampai tahun 2026. Saat ini, masih dalam tahap awal yaitu peningkatan kesiapan teknologi nasional bagi PT Dirgantara Indonesia (DI) untuk menghadapi tahap EMD sampai dengan pembangunan enam prototipe," kata Kepala Litbang Kementerian Pertahanan (Kemhan) Anne Kusmayati dalam konferensi pers di Jakart, Jumat (28/7).

Ia menjelaskan pesawat yang dirakit adalah jet tempur generasi 4.5. Perakitan dilakukan bekerjasama dengan industri pesawat Korea Selatan yaitu Korean Aerospace Industry (KAI).

Saat ini, PT DI telah mengirimkan 81 insinyur ke KAI di Sacheon City. Total keseluruhan akan mencapai 200 insinyur. ‎

"Mereka dikirim untuk mendapatkan pembekalan tentang sistem dan standar prosedur di KAI. Mereka juga melakukan pendalaman terkait konfigurasi pesawat sesuai pesyaratan ROK (Republic of Korea) dan RI," ujar Anne.

Menurutnya, perakitan pesawat tempur KFX/IFX fase EMD merupakan program berjangka waktu 10 tahun. Pembangunan dimulai dari tahun 2016 dan dijadwalkan berakhir tahun 2026. Total investasi kedua negara terkait proyek ini mencapai US$ 8 miliar dari APBN Indonesia dan Korsel.

Ditargetkan tahun 2021 pesawat tempur KFX/IFX bisa diperkenalkan ke masyarakat, lalu dibuat prototipe ke-5 oleh PTDI pada 2022. Setelah itu akan dikirimkan ke Korea Selatan untuk disempurnakan dan akan dikirimkan kembali ke Indonesia sebagai flying test bed untuk pengembangan dan wahana pembelajaran generasi muda PTDI.

"Diharapkan pesawat tempur KFX/IFX bisa mendapatkan Type Certificate di tahun 2025 atau 2026," kata Anne.

Dia menambahkan masih ada beberapa kendala terkait perakitan pesawat tersebut yaitu masalah lisensi produk dari AS. Untuk meminta lisensi, Indonesia dipastikan tidak bekerja sendirian. Korsel terus digandeng demi mendesak AS mengeluarkan lisensi pembuatan pesawat tempur ini.

Indonesia dan Korsel harus meminta lisensi dari AS karena direncanakan pesawat tempur KFX/IFX akan memakai empat komponen utama teknologi jet tempur yang dimiliki Negeri Paman Sam, yaitu electronically scanned array (AESA) radar, infrared search and track (IRST), electronic optics targeting pod (EOTGP), dan radio frequency jammer.

"Indonesia sebenarnya telah meminta izin AS lebih dulu. Namun, hal tersebut dilakukan sendiri tanpa disertai delegasi Korsel," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, Indonesia menargetkan ‎Pada 2035-2040 sudah ada 200 jet tempur KFX/IFX yang dirakit. Jet tempur yang dihasilkan dari kerja sama dua negara ini akan memiliki generasi 4.5. Sekarang pesawat militer dunia masih berada di generasi 4.

KFX/IFX merupakan pesawat tempur tipe semi siluman (stealth). Rancangan model jet ini telah dipamerkan pada Indo Defence 2016 di JIExpo.

(BeritaSatu)

44 komentar:

  1. Aq makin panas dan iri hati lah Wkwkwk

    BalasHapus
  2. What is the point of having hundreds of lethal fighter aircraft when you lose Sipadan, Ligitan, Timor Timur, maybe in future Acheh and Ambalat.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. The point is you stupid monkey..
      No Military intervention when we lose sipadan & Timor.. See also the era.. Move on monkey!
      But now When you make problem in the Ambalat.. We can crush you like shit..

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. You are brainless that why you lose Sipadan, Ligitan, Timor Timur. Next time use a bit of your small brain. Look at Malaysia, they are cunning...got Sipadan & Ligitan from Indons, Limbang from Brunei and Sabah from Philippines.

      Hapus
    4. Sipadan n ligitan tuh pulau kecik yg tak de nilai ekonominya,beza dgn natuna milik malaysia yg telah menjadi milik indonesia punya ratusan pulau,banyak mengandung fuel n gas hahaha...bila orang dari semenanjung malon nak ke sabah sarawak pake aircraft n ship mestilah lewat natuna,bila lewat natuna mestilah minta izin kpd indonesia,bila tak de izin maka ur aircraft n ur ship will be shoot by TNI....Wkwkwk...Kesian kesian

      Hapus
    5. Conclusion? Im talk about Era stupid.. read my comment idiot!
      Now Take ambalat using cunning if malonsial be able.. wkwkwkwk

      Hapus
    6. Hahaha...Putus asa ya Gonta ganti nama cam pencuri..Eh iya emang pencuri Ding...

      Hapus
  3. Spend the money to develop your small brains.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Of course it's for you Monkey..
      You did not live 20 years ago
      Everything has changed.. wkwkwkwk

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Braind malon paling bodoh,uniform askarpun mesti beli dari indonesia Wkwkwk

      Hapus
    4. Wkwkwkwk buat seluar dalam pun tak mampu

      Hapus
  4. Who is this pink pussy cat? Looks like someone new?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lama tapi baru haha!
      biarin sajalah om ben,marikita ambil nilai positifnya saza.

      admin defense studies uda mulai cuek sebulan ini.
      kalo diawasi:bosen,habis lebaran aja maap2an,skrg kambuh lageee haha!

      kalo dibiarkan:supaya kluar semua unek2,lama2 bosen sendiri trus merenung,naik gedung trs terjun bebas...tima👻haha!😅

      Hapus
    2. a new troll joining a group of easily triggered people.

      Hapus
    3. Pinky is a malayshit lady boy Ben, I'm sure if he get rich will buy Hummer and will paint it in pink..shes (he) obsessed to be an artist...So just wait until she's suicide...And John the new one,another usseles humankind who make a new account just for make a troll here...And I believe they are a damn coward ...hhh

      Hapus
    4. uda liat blognya pinky blom, gile blogger bokep sejati dari taon 2009.

      bah guwe malah blom maen ckckck...tuwa bner ini orang yak.
      mungkin umurnya bentar lagi disetop, makanya makin beringas berhubung mrca dimundur, bajet dipotong haha!😍🤘👿😅🍌😇🙃

      Hapus
    5. Betul bung makanya saya bilang dia ladyboy..entar lagi paling terjun Dr lantai 10 bung di karenakan depresi hhh

      Hapus
  5. kerjasama KF-X&IF-X makin erat euyy
    🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷🇲🇨🇰🇷

    https://www.youtube.com/watch?v=ecl351WUnyE&feature=youtu.be&t=76


    wueeee ajiebbb ... bagi2 pisang dolo ahhh,piaraan makin gahar akhir2 ini haha! 🍌🍌🍌😫😫😫🍌🍌🍌😫😫😫🍌🍌🍌😫😫😫🍌🍌🍌😫😫😫🍌🍌🍌😫😫😫🍌🍌🍌😫😫😫🍌🍌🍌😫😫😫🍌🍌🍌😫😫😫🍌🍌🍌😫😫😫🍌🍌🍌😫😫😫🍌🍌🍌😫😫😫

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lmao Palu you might wanna check your flag emojis. Those are Monaco flags you're using hahaha

      Hapus
    2. waks..abis mirip bner om anony haha!👌

      ini yg bner 🇰🇷🇮🇩

      Hapus
  6. kesian malaysie tak mampu buat jet pejuang...keh keh keh.. pasti lah panas mat rempit..cem beruk kepanasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. who is this???hijack my name???

      Hapus
    2. Panas kerana punya otak cem toilet tak boleh bina senjata apapun Wkwkwk

      Hapus
  7. Keliatan banget sekarang ya...Iri tanda tak mampu...Kejaguhan yg berubah jadi putus asa...Bentar LG juga bunuh diri...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Forum militer malon semua mimpi basah n hoax,mimpi punya black hawk tapi tak de budget untuk beli Wkwkwk

      Hapus
    2. Forum Malaysia enggak ada AKAN BELI setiap hari macam Indon! wakakakakakaka

      Hapus
    3. Hey Baggio. You say akan everytime. At least we EVENTUALLY buy it even when we need to negotiate a lot to get a favourable deal like the Su-35. For us it's just a matter of time. For you??? You don't even have the money and need to cancel yoir programmes!

      Hapus
    4. Tp Akhirnya kan kebeli juga...Wkwkwkwk....Baggio gk ikut diskusi di malaysiadefense kah? Abis bahan? 20 an kapal untuk 30 th kedepan? Kasiiiaaaan ha-ha-ha...

      Hapus
    5. Yah gmn forum Malaysia mu adalah AKAN BELI, orang kagk punya uang hahaha....Akhirnya ya Cmn bisa liat tetangganya akan beli, dan akhirnya beli daah....😰😰😂😁

      Hapus
    6. Paul,bercermin dikit pakcik banyak baca supaya tak seperti katak dibawah tempurung,yg AKAN selalu tuh malon pakcik

      Hapus
  8. HERE I COME...hahahah...come to me you fucking liar....PENEROKEKA,IQRAM RUZULI,SUWANGDARURU...stop rap% your mother..your country too poor to feed you bastard..

    BalasHapus
  9. Kebayang kan forum2 di malaysia gak berkembang,..ea karena formil disana begitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Forumnya mati suri bung kerana tak de berita kemajuan military malon yg diberitakan

      Hapus
  10. You are brainless that why you lose Sipadan, Ligitan, Timor Timur. Next time use a bit of your small brain. Look at Malaysia, they are cunning...got Sipadan & Ligitan from Indons, Limbang from Brunei and Sabah from Philippines.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ghost,jgn banyak cakaplah kau lon,nak lawan nelayan cina sahaje ATM tak de kuase,takut,konon pula nak ambil limbang dari brunei,sabah dari philippines Wkwkwk...sipadan ligitan itu hanya pulau kecik yg tak de daya tarik ekonominya,kau tengok natuna yg punya beratus2 pulau sudah di rebut indonesia dari malon Wkwkwk...natuna kaya akan gas,fuel dan indah sebagai object wisata,bila aircraft dan kapal dari semenanjung malaysia nak ke sabah dan sarawak mestilah lewat natuna,bila lewat natuna pastilah minta izin kpd indonesia,bila tak minta izin ur aircraft n ur ship will be shoot by TNI Wkwkwk...Kesian,kesian

      Hapus
    2. Jika kelicikan malonsial mampu membuat pulau batu puteh dan natuna jatuh itu baru luar biasa.. klaim malon sabah dari kelicikan nya Dia pikir Britsh yg punya peran itu apa.. dasar malon otak beruk wkwkwkwkk

      Hapus
    3. Iya bung namanya juga bangsa belum merdeka....Kayak bangsawan2 Inggris tu..Dikasih imbalan tanah sama kan dengan dia...Cb kalo merdeka beneran gak mungkin kan tentaranya yg pake sarung itu mau suruh jagain istana inggris..Msh untung sarung nya bole di pake tu, gk pake Rante..hhh

      Hapus
  11. Ternyata dimensi size IFX lebih besar dari F35 ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. But remember what the girls always say: size doesn't matter, how you use it does

      Hapus
  12. Woww, guys..guys... lem fucking 1 is here.

    BalasHapus