18 April 2017

Imbal Beli Pengadaan Pesawat Tempur Su-35 Terus Dibahas

18 April 2017


Pesawat tempur Su-35 (photo : knaapo)

Rapat Pembahasan Pelaksanaan Imbal Beli Dalam Rangka Pengadaan Pesawat Tempur Sukhoi Su-35

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Oke Nurwan bersama Sekretaris Ditjen Perdagangan Luar Negeri Mardjoko dan Direktur Fasilitasi Ekspor dan Impor Ani Mulyati bertemu dengan pihak Rostec (Rusia) guna membahas pelaksanaan Imbal Beli dalam rangka pengadaan pesawat tempur Sukhoi Su-35, yang diadakan di Ruang Rapat Dirjen Perdagangan Luar Negeri, Jumat (07/04/2017) (Kemendag)

Dorong Ekspor, Pemerintah Wajibkan Skema Imbal-Beli
.........

Salah satu contoh rencana pengadaan barang oleh pemerintah dengan menerapkan skema imbal beli dan offset adalah pengadaan delapan unit pesawat tempur Sukhoi Su-35 senilai 1,14 miliar dolar AS. Dalam kesepakatan tersebut, skema imbal beli yang wajib dilakukan oleh pihak Rusia senilai 570 juta dolar AS.

Dalam konteks imbal beli, Indonesia sudah menawarkan sebanyak 35 produk ekspor kepada pihak Rusia. Sejauh ini pihak Rusia sudah menyampaikan keinginan mereka untuk membeli karet alam produksi dalam negeri, namun tidak menutup kemingkinan untuk membeli produk lainnya.

Rata-rata impor Rusia dari dunia untuk karet alam pada 2011-2015 tercatat sebesar 11,5 juta dolar AS per tahun. Namun, dari rata-rata nilai impor tersebut, Indonesia sama sekali belum menjadi negara pemasok kebutuhan Negeri Beruang Merah tersebut.

Produk yang ditawarkan dalam skema imbal beli antara lain adalah produk manufaktur seperti produk kayu, produk kimia, peralatan konveksi, elektronik dan lainnya. Sementara untuk produk industri primer adalah logam mulia, kopi olahan, ikan olahan dan lain-lain, serta komoditi primer seperti udang, rumput laut, batu bara dan karet alam.

"Mereka sudah menyampaikan keinginan untuk membeli karet alam kita, tapi tidak menutup kemungkinan untuk produk lain," kata Nusa Eka.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada November 2016 tercatat ada peningkatan impor senjata dan amunisi sebesar 51,3 juta dolar AS. Secara kumulatif, pada periode Januari-November 2016 nilai impor Indonesia secara keseluruhan mencapai 122,86 miliar dolar AS.

Sementara untuk ekspor, pada periode yang sama mencapai 130,65 miliar dolar AS atau menurun 5,63 persen dibanding periode yang sama tahun 2015. Dengan demikian, hingga November 2016, neraca perdagangan masih mengantongi surplus sebesar 7,79 miliar dolar AS.(Industry)

51 komentar:

  1. yowes barter bae lah, oke oce..

    BalasHapus
  2. Wah barter sama produk primer karet, tak apalah asal jangan barter sama barang bekas/ rongsokan ntar bikin malu negara.
    Kalau barang rongsokan madura juga bisa beli... 😁.

    BalasHapus
  3. Cemburu aku dengan vietnam,gak perlu bahas terus beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vietnam cuma punya beras, apa Russis mau imbal beli pakai beras? masak orang Russia makanan pokoknya gandum mau diganti nasi..??
      Jelas gak mau lah...

      Hapus
  4. opsi cerdas..
    bisa jadi pemberdayaan petani, pekebun dan nelayan

    BalasHapus
  5. gimana kalau barter ahok jadi presiden rusia???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang laku ahok di barter di luar negeri ahok kagak laku, cuma di indonesia doang dia di puja bak dewa, Taik,Taik,Taik katay ibu maling,ibu maling ya

      Hapus
  6. Jelas-jelas ditulis imbal beli. Kok dibilang barter.
    Coba googling dulu bedanya imbal dagang/beli (ID) dengan barter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://www.porosilmu.com/2015/08/pengertian-dan-jenis-imbal-dagang-atau.html?m=1
      😝

      Hapus
    2. Hebat...cepet banget dapet linknya?!!

      Ini pasti juragan kliping di senen...

      Hapus
  7. Jadi 'imbal beli' dgn 'barter'intinya sama yah? 😂

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Jika indonesia jadi beli SU35 ,lebih utama adalah dukungan after sell service .Jangan sampai terjadi seperti India yang walupun sudah bisa merakit SU30MKI tapi tetap harus beli suku cadang tanpa tot .Rusia hanya bersedia memangkas waktu pengiriman dari biasanya satu tahun ke satu bulan .Sebelumnya harus di pesan secara terpisah dan melewati proses adm berbelit ditambah harus nunggu keluar bank guarantees.Itu sebabnya readiness SU-MKI India rendah .
    Indonesia sendiri pernah mengeluhkan hal yang sama terhadap sucad Mi17. pejabat tinggi AD pernah menyebut kapok dengan alutsista Rusia.
    Rusia jelas belum business oriented .Dalam urusan bisnis masih terkebelakang dibanding China komunis tapi kapitalis dalam kebijakan ekonomi,malah lebih kapitalis dari barat sendiri .
    Dalam waktu dekat Wakil presiden AS akan ke Indonesia ,tapi nunggu pilkada DKI selesai .AS tidak mau kedatangannya nanti dikaitkan dengan politik yang lagi super panassss ,tidak mau di anggap mencampuri politik dalam negri Indonesia.
    Bisa saja Rusia di telikung di tikungan terakhir .....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belli alutsista asal jangan di kemplang krupsi dan di embargo jaminan penuh buat pertahanan indonesia siap tempur buat masa panjang . Selami ini kan sebaliknya esport dan belanja barang inport harus lewat negara broker pusatnya mafia dunia singapure .

      Hapus
    2. Sebelum minta after sales gmn?
      Selama beli ngeteng, jangan harap bisa buka bengkel disini..

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. @unknow

      Jadi dasar bernegara di indonesia lebih unggul ???

      Negara maju seperti belanda mau mengakui kesalahan masa lalu mereka.

      mengapa mesti belanda yg anda contohkan?? kenapa tidak mengambil contoh dari indonesia??


      ok sekarang saya singgung mengenai kekejaman TNI melakukan pengeboman di singapore yg menargetkan rakyat sipil.2 wanita tak berdosa mati..

      Adakah anda setuju pemerintah indonesia meminta maaf keatas singapore??

      lalu apa gelar yg paling sesuai utk Personel TNI yg kejam itu???

      national hero @ criminal ??










      Hapus
    5. Maaf apa lagi?? kan sudah di bayar dengan hukuman mati ,lee juga menyesalkan peristiwa itu terjadi .Bahkan datang ke Indonesia dan mengunjungi makam mereka dengan membawa karangan bunga .Artinya dia mengakui mereka adalah pahlawan bagi Indonesia.

      Hapus
    6. @unknow

      hahaha..jangan begitu kawan..jangan tunjukkan perbuatan lee kwan yew menziarah ke makam sebagai tandai keunggulan dasar bernegara anda..

      ini soal dasar bernegara..kekuatan rendah hati utk mengakui kesalahan.itu yg anda bahaskan..

      Dalam perang..ada istilah POW..anda pasti tau bahawa membunuh POW adalah 1 kesalahan perang..apalagi membunuh rakyat sipil..Kesalahan membunuh sipil saat perang,bukan terletak di bahu tentera saja..pemerintah indonesia juga bersalah..

      Perbuatan LKY itu bukan mewakili singapore..buktinya,singapore protes indonesia menamakan kapal perang usman-harun..

      tapi terpulang pada anda..kerana anda pernah berkata

      "My country, right or wrong; if right, to be kept right; and if wrong, to be set right"

      anda sendiri telah membuktikan kebenaran kata2 itu..

      Hapus
    7. protes atas penamaan Kapal perang berakhir setelah di ingatkan pemerintah indonesia bahwa LKY sudah datang ke Indonesia dan melakukan penhormatan pada pahlawan indonesia . keadaan kembali normal ,sin tak lagi mempermasalahkan apa yang telah terjadi . Buktinya latihan persahabatan militer tetap dilakukan walau sebelumnya Sin menyebut akan menghentikan kerjasama militer.

      Hapus
    8. @unknow

      wajar saja..pihak singapore mengalah..Mereka sedar bahawa delusional harus dilawan dengan rasional.warga singapore berjaya membuktikan dasar bernegaranya unggul.bukan budaya omong kosong doang ya kawan :)









      Hapus
    9. @anak peneroka..maksud luh budaya omong kosong apa ?? Kita punya tarian daerah...punya lagu daerah...punya masakan daerah yang begitu banyaknya...negara lu kale yang yang gak punya kebudayaan...bisanya cuman klaim budaya negara orang dengan alasan bangsa serumoun...najis

      Hapus
    10. Delusional ? yang khayalan itu adalah negara yang mengaku tempat asal Imam Mahdi ,atau benua atlantik yang hilang ,bangsa pilihan . Adakah dasar atau facta yang mendukung untuk meng klaim sebagai bangsa pilihan sebagaimana yang sering di baca di blok Malaysia? jelas bullshit semua . Bomoh masih dipercaya bisa melawan korut?ha..ha itu yang delusional.

      Saya tanya kamu orang barat menyebut Indonesia punya potensi jadi salah satu super power di masa depan dengan alasan yang masuk akal .sila lihat ;
      https://www.youtube.com/watch?v=v7Dt9hV2jjg

      Mereka jelas melihat alasannya tidak macam percaya pada bomoh pakai buluh mau melawan korea utara!.

      Hapus
    11. Anak paneroka@ Saman perang di semanjung malaya inggris sekutu melawan indonesia tamasek masih jadi bagian kuala lumpur dan singapore lie kuan yee bellom muncul ...namanya junga perang bom meledak di mana 2 biasa lah .

      Hapus
    12. @unknow

      sabar dulu kawan...mengapa jauh2 sampai ke negara superpower semua??

      sudah keluar jalur perdebatan itu..kita lagi bahas soal dasar bernegara kan..

      anda bertegas bahawa orang malaysia dasar negaranya terkebelakang..orang malaysia suka marah2 kalau didesak supaya mengakui kesalahan..

      anda mencontohkan rakyat belanda yg punya dasar bernegara yg unggul tak takut mengakui kesalahan lampau..

      jadi bila saya singgung soal pengeboman mati 2 rakyat sipil di singapore oleh TNI yang JELAS 1 kesalahan oleh pemerintah indonesia..perang sudah di declare oleh Presiden RI..pemerintah indonesia tak boleh mengklaim ini kesalahan personel TNI sendiri..

      adakah anda BERANI mengaku itu adalah 1 kesalahan perang oleh pemerintah indonesia?? dan pelaku pengeboman itu adalah criminal perang???

      anda tak mahu mengakui itu kesalahan pemerintah indonesia..tapi anda klaim dasar bernegara di indonesia lebih unggul..

      Bukankah itu satu perbuatan delusional ??? malah anda juga marah2 sekarang bila disingung..










      Hapus
    13. Lee datang sebagai kepala negara ke JKT dan disambut dengan resmi ,kemudian dia mengadakan penghormatan pada pahlawan Indonesia .Artinya dia mengakui mereka pahlawan bagi bangsanya .Clear.
      Bagi rakyat singapure masalah sudah selesai ,demikian juga dengan pemimpinnya . Yang tidak terima hanya kamu seorang .lawak kau ni .

      Hapus
    14. Article 4 of the Third Geneva Convention protects captured military personnel, some guerrilla fighters, and certain civilians. It applies from the moment a prisoner is captured until he or she is released or repatriated. One of the main provisions of the convention makes it illegal to torture prisoners and states that a prisoner can only be required to give their name, date of birth, rank and service number (if applicable).
      Baca kan singapure salah mengeksekusi POW. Ya perang sudah di declare ,apapun bisa dilakuan dan terjadi ,saling bunuh . Kita sama sama mneyesali apa yang terjadi .Atas dasar apa anda mengatakan perang terjadi karena kesalahan indonesia?

      Hapus
    15. @unknow

      saya tak mempermasalahkan perang konfrontasi itu..saya cuma cuba memahami logic anda mengenai dasar bernegara yg tegas anda di nilai melalui kekuatan hati untuk mengakui kesalahan..

      Tiada justifikasi legal yg membolehkan indonesia menyerang malaya saat itu.tindakan itu meletakkan indonesia sebagai agressor...klu agressor tak boleh dipersalahkan..lalu salah siapa ???

      Situasi singapore bukan seperti japan..dimana kilang2 senjata tentera japan berhampiran dengan perumahan sipil.pengeboman singapore memang jelas di targetkan pada bangunan civil melalui darat..ini kesalahan terancang terhadap sipil..ini yg dikesali rakyat singapore..

      saya bukan membela singapore..cuma melihat sejauh mana idea anda mengenai dasar bernegara itu??

      Hapus
    16. kamu masih curius siapa yang salah?
      " Konfrontasi Indonesia-Malaysia atau yang lebih dikenal sebagai Konfrontasi saja adalah sebuah perang mengenai masa depan Malaya, Brunei, Sabah dan Sarawak yang terjadi antara Federasi Malaysia dan Indonesia pada tahun 1962 hingga 1966.

      Perang ini berawal dari keinginan Federasi Malaya lebih dikenali sebagai Persekutuan Tanah Melayu pada tahun 1961 untuk menggabungkan Brunei, Sabah dan Sarawak ke dalam Federasi Malaysia yang tidak sesuai dengan Persetujuan Manila.

      Oleh karena itu, keinginan tersebut ditentang oleh Presiden Sukarno yang menganggap pembentukan Federasi Malaysia yang sekarang dikenal sebagai Malaysia sebagai "boneka Inggris" merupakan kolonialisme dan imperialisme dalam bentuk baru serta dukungan terhadap berbagai gangguan keamanan dalam negeri dan pemberontakan di Indonesia.[https://id.wikipedia.org/wiki/Konfrontasi_Indonesia-Malaysia

      "The Manila Accord was signed on 31 July 1963 by the Federation of Malaya, the Republic of Indonesia and the Republic of the Philippines, after a meeting from 7 to 11 June 1963 in Manila.

      Initiated by President of the Philippines Diosdado Macapagal, the meeting was convened to resolve issues over the wishes of people in North Borneo and Sarawak within the context of United Nations General Assembly Resolution 1541 (XV), Principle 9 of the Annex[2][3] taking into account referendum in North Borneo and Sarawak that would be free and without coercion"

      jelas disini Tun MENGHIANATI kesepakatan yang telah disetujui di manila accord . Dengan bantuan Inggris,Tun menggabungkan daerah itu dalam federasi . Juga ganggauan keamanan dalam negri Indonesia yang dituduhkan Sukarno pada Tun .

      Hapus
    17. @unknow

      bukan curious...tapi cuba memahami logic anda..

      pengkhianatan manila accord itu dijadikan justifikasi sukarno untuk meenyerang malaya tanpa di lebel aggressor ??

      malaya melakukan perbuatan yg dinilai "act of war" oleh lembaga hukum internasional ???


      Begitu kah yang anda cuba sampaikan ???




      Hapus
    18. baca seluruhnya dan ambil kesimpulan.TAMAT.
      https://id.wikipedia.org/wiki/Konfrontasi_Indonesia-Malaysia

      Hapus
  10. Denger2 indonesia nanti di beri TOT 35 % salah satunya nanti indonesia diberi kuase produksi sparepart sukhoi....ya baguslah kalo begitu dari pada tak de kuase bine sparepart pesawat sehingga jual pespur rongsokan buat beli sparepart sukhoi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru krn ToT nya terlalu sedikit maka harus ada imbal dagang

      Hapus
    2. Ngasih manual book juga TOT

      Hapus
  11. Belli senjata ke rusia jangan terlalu bawel minta ini itu lupa sejarah tampa bantuan moskow bung besar dan kawan bakal ke sulitan merebut irian barat dari kepungan sekutu dan soal dagang esport inport indonesia devisit besar dengan sipit china harus di evaluasi menyeluruh dari free trade ganti fair trade bukan pura 2 gak tahu indonesia hanya di jadikan lumbung pasar market negera agresor .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Ga usah bawel. Tanpa tekanan dari US juga ga mungkin Belanda ngelepas Irian Barat tanpa perlawanan. Mau mereka dulu ngebantu kaya apapun, masa lalu adalah masa lalu, masa sekarang adalah masa sekarang. Profit buat Indonesia dalam setiap pembelian harus semaksimal mungkin, siapapun itu penjualnya.

      Kalau urusan defisit dengan RRC. Selama orang Indonesia (termasuk anda) masih suka beli barang "made in China" karena murah, defisit ga bakal berkurang. So shut your trap.

      Hapus
    3. Dasar antek barat ...masa masa lalu sejarah di putar balik kebanyakan makan duwit haram . Gak tahu maluu dasar jogos asing bisanya menari nari di bangkai bangsa sendiri .

      Hapus
    4. Dari pada antek komunis. Liat negara eks komunis yang keras kepala 100% anti barat gagal semua. Makan tuh Korea Utara dan Kuba. Bahkan Rusia, China dan Vietnam lebih dekat ke barat dari yang lu pikir.

      Hapus
    5. Komunis sudah bubar kita kita ini bukan antek rusia , china daratan atau antek barat ...hanya prihatin dana buat pertahanan kerap di korting buat kepentingan bank saku rakus nya bin kamaruk antek barat sekutu sudah di titik nadir bagus anda sebelum terlabat bertobat jadi pengamat independent akan lebih baik dari pada jadi probaganda asu asu barat sekutu hehe ..asu loh hehe .

      Hapus
    6. Bullshit. Korupsi bukan cuma ada di pembelian senjata dari barat, ada juga di pembelian senjata dari Rusia dan China. Yang paling terkenal ga transparan itu justru dari Rusia. Rosoboronexport itu memonopoli semua penjualan senjata Rusia dan terkenal paling banyak KKNnya di seluruh dunia kalau mau pembelian senjata dari Rusia mulus.

      Lagipula kerja sama dengan Rusia juga ga bagus-bagus amat. Udah berapa kali India protes bahwa Rusia ga memberi akses ke teknologi pesawat yang seharusnya mereka kembangin BERSAMA? Itu INDIA yang dianggap sekutu penting oleh Rusia. Apalagi Indonesia yang udah ga termasuk negara sekutu penting lagi buat Rusia?

      Ga usah ngomong bullshit lah. Otak isinya taik kucing.

      Hapus
  12. Cakap banyak! Belinya tidak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak perlulah cakap banyak pakcik,tak perlu di annouce cem MRCA itu sejak zaman jepun sudah bising sangat nak beli heli tiger,nak ganti nuri,nak ganti MIG-29 tapi fact sekarang apa yg ada,MIG-29 dijual untuk beli sparepart sukhoi,katanya nak ganti MIG29,katanya nak ganti nuri,katanya nak beli heli tiger...semuanya "KATA2NYA dan AKAN" sampe tahun 3000

      Hapus
    2. Memang cakap banyak! Belinya tidak!! Kabarnya nak beli 10 biji sahaja, tapi minta TOT! Russia pun gelak! China beli 24 biji pun Rusia tak bagi TOT!

      Dulu beli Su-27 zaman Megawati pun guna duit hasil beras! kesiannya!! sampai berjuta Indon masuk malaysia sebab tak cukup beras!!

      Hapus
    3. om saipul dom dom crewet amat sich, biar 8 ato 10 kek, yg penting harganya kan lbh mahal daripada f35 haha!
      kerna mahal itu termasuk ada TOT.
      kalo cuman beli doank harga pasti dibawah $1B.

      trus nape kalo hasil beras?kan duit juga!
      berjuta TKI yg masuk negaramu, kerna byk org malas-ia macam kamu haha!enak kan lagi liburan dapat duwit pula, pintarlah mrk tuw, drpada saipul dom dom azmi husin, malas-ia kagak perna kluar kampung haha!

      Hapus
  13. Kalau su 35 susah mencapai deal nya, lebih baik typhoon drpd f 15

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau nambah jenis lagi?
      Inget logistiknya bagai mana senangnya kok gado-gado
      F16 dan su35 itu pilihan paling baik

      Hapus
  14. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus