06 September 2016

3 Kapal Patroli Buatan dalam Negeri Perkuat TNI AL

06 September 2016


Tiga kapal patroli terbaru milik TNI AL 28 meter buatan PT Tesco Indomaritim (photo : TNI AL)

TRIBUNNERS - Sebanyak tiga Kapal Patroli (KAL28 Meter) buatan dalam negeri “Tesco Indomaritim” perkuat jajaran TNI Angkatan Laut.

Ketiga kapal tersebut adalah KAL Marapas, KAL Lemukutan dan KALBunyu.

Acara penyerahan kapal dari Tesco Indomaritim kepada TNI Angkatan Laut dipimpin oleh Asisten Logistik (Aslog) Kasal Laksamana Muda TNI Mulyadi, Senin (5/9) di Jetski Cafe, Pantai Mutiara, Jakarta Utara.

Ketiga kapal tersebut memiliki panjang 28 meter, lebar 5,85 meter, kecepatan maksimum 28 knot, daya tahan hingga 648 Nm (36 jam pada kecepatan 18knot), berat penuh 70 ton dan diawaki 15 personil ABK.

KAL Marapas akan memperkuat Lantamal IV Tanjung Pinang, KAL Lemukutan memperkuat Lantamal XII Pontianak dan KAL Bunyu memperkuat Lantamal XIII Tarakan.

Dengan dimensi yang relatif kecil, kapal buatan Tesco Indomaritim akan dapat bermanuver dengan lincah, bahkan di alur perairan yang sempit sehingga mudah melakukan pengejaran, pengintaian terhadap berbagai ancaman kejahatan dan pelanggaran hukum dan kedaulatan di laut.

Kapal –kapal ini dirancang untuk melaksanakan tugas operasi keamanan laut terbatas dan memperkuat pengamanan di sekitar Pangkalan Angkatan Laut.

Pada kesempatan tersebut, Aslog Kasal Laksda TNI Mulyadi menyampaikan bahwa ketiga kapal tersebut merupakan hasil pengadaan Dismatal TA 2015 dan dengan diserahkannya ketiga kapal tersebut, maka secara langsung akan menambah kekuatan TNI Angkatan Laut dalam menjaga keamanan wilayah perairan Indonesia.

(TribunNews)

2 komentar: