12 Februari 2015

TNI Dapat Tambahan Dana Rp 4,7 Triliun

12 Februari 2015

Penggunaan dana tambahan akan dipakai untuk pembelian alutsista (photo : Defense Studies)

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq mengatakan Kementerian Pertahanan dan TNI mendapat tambahan dana Rp 4,725 triliun pada tahun ini. 
Ini diputuskan dalam rapat Badan Anggaran DPR dengan Kementerian Keuangan yang membahas tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2015.

"Kami cukup senang dengan tambahan anggaran untuk pertahanan tersebut," kata Mahfudz kepada Tempo, Rabu malam, 11 Februari 2015. 

Meskipun tambahan anggaran itu lebih rendah dibanding permintaan Kementerian Pertahanan yang mencapai Rp 5,1 triliun.

Mahfudz mengaku belum tahu penggunaan tambahan anggaran itu. Menurut Mahfudz, Komisi I perlu menggelar rapat dengan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan, semua asisten perencanaan Panglima TNI, dan ketiga kepala staf matra TNI.

"Nanti akan diputuskan tambahan anggaran itu akan digunakan untuk apa, apakah beli alutsista atau yang lain."

Dalam APBNP 2014, Kementerian Pertahanan dan TNI mendapatkan dana 83,3 triliun. Sedangkan berdasarkan APBN 2105, Kementerian Pertahanan dan TNI dapat anggaran Rp 96,9 triliun. 

Anggaran itu digunakan untuk belanja pegawai dan pembelian sejumlah alat utama sistem persenjataan baru sesuai dengan program modernisasi terhadap TNI.

2 komentar:

  1. tni dapat tambahan dana hibah dari rakyat harus di gunakan tepat guna bukan buat belli rumah pribadi berakhir alutsista rongsokan yg di belli mirip hercules rongsokan dari ausi .

    BalasHapus
  2. Ya beli aja alutsista dari as dan australia jenis pesawat rongsokan dan sudah uzur tapi di upgrate, biar teknologinya slalu ktinggalan kayak Indonesia yang suka second2, biar enak diembargo sama negara golongan sekutu.

    BalasHapus