10 Februari 2015

Koarmabar, Kolinlamil dan Divisi I Marinir Akan Pindah ke Teluk Ratai, Lampung

10 Februari 2015


Teluk Ratai, Lampung (image : GoogleMaps)

Tim Mabes TNI AL Bahas Perpindahan Koarmabar, Kolinlamil dan Divisi I Marinir ke Provinsi Lampung

Saibumi.com, Bandar Lampung - Asisten Bidang Pemerintahan Provinsi Lampung Tauhidi  menerima Tim dari Mabes TNI Angkatan Laut di Ruang Rapat Utama Kantor Gubenur, tentang Rencana Pemindahan Koarmabar (Komando Armada Angkatan Barat), Kolinlamil (Komando Lintas Laut Militer) dan Divisi I Marinir ke Provinsi Lampung.

Asisten Logistik Pangarmabar Kolonel Puguh Santoso yang juga bertugas sebagai Kepala Tim Survey Pemindahan Koormabar, Kolinlamil dan Divis I Marinir dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Provinsi Lampung yang telah memfasilitasi dalam rencana pemindahan atas fasilitas TNI ini ke Provinsi Lampung. Ke depan, lanjut dia, perlu adanya kegiatan yang mendalam dari kedua belah pihak antara Pemerintah Provinsi dan TNI AL dalam mendukung visi pemerintah, yang mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, yang sudah dicanangkan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia.

Dalam pemaparannya, Rencana Pemindahan Koarmabar, Kolinlamil dan Divisi I Marinir ke Provinsi Lampung ini dimaksudkan untuk mewujudkan Koarmabar, Kolinlamil menjadi satu kesatuan utuh yang terpadu dalam pengendalian operasional dengan dan antar satuan operasional dalam menjaga NKRI.

Ia menjelaskan bahwa rencana pemindahan Koarmabar, Kolinlamil dan Divisi I Marinir sudah dipersiapkan secara matang oleh Mabes TNI AL sejak tahun 2005. Pemilihan Provinsi Lampung, kata dia, dengan pertimbangan Lampung memiliki lahan yang ideal sebagai pangkalan  militer baik dari aspek operasional, intelijen, logistik, perencanaan dan pembinaan personel.

"Pada dasarnya Pemerintah Lampung sangat mendukung program-program relokasi Koarmabar, Kolinlamil, Lantamal III dan pengembangan Brigif 3 Marinir menjadi Div 1 Marinir," ujar Asisten I Bidang Pemerintahan Tauhidi, Senin, 9 Februari 2015

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung ini juga menyampaikan pula bahwa peran Angkatan Laut dan Marinir di Provinsi Lampung sangat tinggi khususnya dalam membantu mengatasi gangguan keamanan, konflik sosial, pembinaan nelayan dan pembangunan lainnya.(*)

(Saibumi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar